Membiasakan Kebiasaan Baik Pada Anak

Oleh : Bunda Vanila

Menanamkan kebiasaan baik ketika anak masih kecil akan membentuk karakter anak ketika mereka dewasa. Banyak sekali kebiasaan baik yang bisa diajarkan kepada anak, namun sebaiknya mulai dari hal baik yang sederhana terlebih dahulu. Tidak serta merta membuahkan hasil karena dalam penerapannya butuh keteladanan dan usaha yang terus menerus dari kedua orang tua. 

Orang tua bisa mengajarkan pembiasaan sederhana kepada anak seperti membuang sampah pada tempatnya, mencium tangan kedua orang tua ketika hendak pergi, makan dengan tangan kanan, gosok gigi sebelum tidur, berdoa sebelum tidur, mengajak anak membaca buku, ikut shalat berjamaah bagi anak laki-laki, mengucapkan kata tolong, meminta maaf, mengucap terima kasih dan masih banyak lagi kebiasaan baik yang bisa diterapkan.

Setelah anak terbiasa untuk melakukan hal sederhana yang baik, maka perlahan akan tumbuh kecintaannya terhadap apa yang sudah menjadi kebiasaan anak dan kebiasaan itu akan melekat pada diri anak. Mungkin ada orang tua beranggapan "ah, masih kecil. Nanti saja kalau sudah besar", menurut saya ini adalah anggapan yang kurang tepat. Sebab mulai dari kecillah karakter anak mulai di bentuk, maka ketika mereka dewasa tinggal memetik hasil dari proses pembiasaan yang sudah tertanam sedari kecil.

Orang tua adalah kunci dari keberhasilan dalam proses pembiasaan. Oleh karenanya orang tua patut untuk menjadi "role model" yang inspiratif bagi anak. Anak tumbuh dengan meniru kebiasaan kedua orangtuanya, maka akan sulit mengajarkan anak pembiasaan baik sementara anak sering melihat kedua orangtuanya melakukan hal yang bertentangan. 

Mengajak anak dengan lembut dan penuh kasih sayang untuk melakukan pembiasan, karena bagaimanapun juga hati anak akan menolak bila orang tua selalu keras dan memaksakan. Tetap berusaha untuk konsisten dalam menerapkan kebiasaan baik. Selain itu orang tua juga dapat mendorong anaknya untuk menyukai kebiasaan baik yang orang tua ajarkan, jangan lupa berikan pujian ketika mereka sudah bisa dan terbiasa dengan berbagai kebiasaan yang baik. 

🌈🌈🌈
Mari senantiasa berusaha untuk menjadi yang terbaik dan terus mendoakan anak anak kita agar menjadi manusia yang sukses di dunia dan akhirat. Aamiin🤲💕
🙌🙏#mekkahmadinah #haramain
#nabawimosque 🌹#hafidzquran
#sditmatahati
#deju_salju🌹🐹🐈
#komikmuslimah
#yayasanhidayatuttauhid
#sditmatahatinagreg
#pks
https://youtu.be/9tWGCoueMyY
https://youtu.be/rRyuadmEd7U
https://youtu.be/Icdy344pfI0
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia 
#JSITKabupatenBandung
#jsit_indonesia #pemudahijrah
#jsitjabar #parenting
bit.ly/DejuSalju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#lagupositif #lagunasid #lagusholawat #laguanakindonesia
#iqomic #kartunislami #negeriakhirat #dailypathmuslimah #gadishijab #ramadhan #kartun_Muslimah #kajianislam #pksmuda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayah Hadirlah Dalam Pengasuhan Anak

Cerdas sekali yg merangkai arti abjad * A sd Z * Coba baca yaa ..

Percakapan bahasa Arab sederhana