Percakapan bahasa Arab sederhana




Materi Kedua

أ : السلام عليك ورحمة الله وبركاته
ب : وعليك السلام ورحمة الله وبركاته
أ : كَيْفَ حَالُكِ؟
kayfa hāluk?
Apa kabar?

ب : بِخَيْرٍ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ
bikhayr, walhamdu lillāh.
Baik. Alhamdulillah.

وَأَنْتِ، كَيْفَ حَالُكِ؟
wa anti, kayfa hāluk?
Engkau sendiri, apa kabar

أ : أَنَا بِخَيْرٍ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ
ana bikhayr walhamdu lillāh
Baik juga, Alhamdulillah.

ب : مَا اسْمُكِ؟
ma smuk?
Siapa nama Engkau?

أ : اسْمِي سُمَيَّةُ
ismī sumayyah
Namaku Sumayyah

وَمَا اسْمُكِ أَنْتِ؟
wama smuk anti?
Engkau sendiri, siapa nama Engkau?

ب : اسْمِي فَاطِمَةُ
ismī fāthimah
Namaku Fatimah.

🇸🇦حَامِدٌ : مَنْ أَنْت؟
🇮🇩 Hamid: Siapa kamu (lk2)?

🇸🇦مُحٌمَّدٌ: أَنَا طَالِبٌ بِالْجَامِعَةِ.
🇮🇩Muhammad: Saya seorang pelajar di sebuah Universitas.

🇸🇦حَامِدٌ: أَ أَنْتَ طَالِبٌ جَدِيْدٌ؟
🇮🇩Hamid: Apakah kamu (lk2) seorang pelajar yang baru?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ: نَعَمْ، أَنَا طَالِبٌ جَدِيْدٌ.
🇮🇩Muhammad:Iya,saya seorang pelajar baru.

🇸🇦حَامِدٌ : مِنْ أَيْنَ أٌنْتَ؟
🇮🇩Hamid: dari mana kamu (lk2)?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : أَنَا مِنَ الْهِنْدِ.
🇮🇩 Muhammad: Saya berasal dari India.

🇸🇦حَامِدٌ : مَا اسْمُكَ؟
🇮🇩Hamid: Siapa namamu (lk2)?

🇸🇦مُحَمَّدٌ: اِسْمِيْ مُحَمَّدٌ.
🇮🇩Muhammad: Nama saya Muhammad.

🇸🇦حَامِدٌ : وَ مَنْ هذَا الْفَتَى الَّذِي مَعَكَ؟
🇮🇩Hamid: Dan siapa pemuda ini yang bersamamu (lk2)?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ: هُوَ زَمِيْلِيْ.
🇮🇩Muhammad: Dia (lk2) temanku.

🇸🇦حَامِدٌ : أَ هُوَ أَيْضًا مِنَ الْهِنْدِ؟
🇮🇩 Hamid: Apakah dia (lk2) juga dari India?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : لَا،  هُوَ مِنَ الْيَابَانِ.
🇮🇩Muhammad: Tidak, dia (lk2) berasal dari Jepang.

🇸🇦حَامِدٌ : مَا اسْمُهُ؟
🇮🇩 Hamid: Siapa namanya?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : اِسْمُهُ حَمْزَةُ.
🇮🇩Muhammad: Namanya Hamzah.

🇸🇦حَامِدٌ : مَا لُغَتُكَ يَامُحَمَّدُ؟
🇮🇩Hamid: Apa bahasamu (lk2) wahai Muhammad?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : لُغَتِيَ الْأُرْدِيَّةُ.
🇮🇩Muhammad: Bahasaku bahasa Urdu.

🇸🇦حَامِدٌ : أَ هِيَ لُغَةٌ سَهْلَةٌ؟
🇮🇩Hamid: Apakah dia(bahasa) bahasa yang mudah?

🇸🇦مُحَمَّدٌ : نَعَمْ، هِيَ لُغَةٌ سَهْلَةٌ.
🇮🇩Muhammad: Iya, dia(bahasa) bahasa yang mudah.

🇸🇦حَامِدٌ : وَ حَمْزَةُ، مَالُغَتُهُ؟
🇮🇩Hamid: Dan Hamzah, apa bahasanya?

🇸🇦مُحَمَّدٌ : لُغَتُهُ الْيَابَانِيَّةُ، وَ هِيَ لُغَةٌ صَعْبَةٌ.
🇮🇩Muhammad: Bahasanya bahasa Jepang,  dan dia (bahasa) yang susah.

🇸🇦حَامِدٌ : أَيْنَ أَبُوْكَ يَامُحَمَّدُ؟
🇮🇩Hamid: Dimana ayahmu, wahai Muhammad?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : أَبِيْ فِي الْكُوَيْتِ. هُوَ طَبِيـبٌ شَهِيـرٌ.
🇮🇩Muhammad: Ayahku berada di Kuwait.  dia(lk2)  seorang dokter terkenal.

🇸🇦حَامِدٌ : وَ أَيْنَ أُمُّكَ؟
🇮🇩Hamid: Dan dimana ibumu?

🇸🇦مُحَمَّدٌ : هِيَ أَيْضًا فِيْ الْكُوَيْتِ مَعَ أَبِي.  هِيَ مُدَرِّسَةٌ هُنَاكَ.
🇮🇩Muhammad: Dia(pi) juga berada di Kuwait bersama ayahku.  dia(ibuku)  seorang guru (pi)  disana.

🇸🇦حَامِدٌ : أَ ذَهَبْتَ إِلَى الْكُوَيْتِ يَامُحَمَّدُ؟
🇮🇩Hamid: Apakah kamu(lk2) telah pergi ke Kuwait wahai Muhammad?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : نَعَمْ، ذَهَبْتُ.
🇮🇩Muhammad: Iya, saya telah pergi.

🇸🇦حَامِدٌ : وَ زَمِيْلُكَ، أَيْنَ أَبُوْهُ؟
🇮🇩Hamid: Dan temanmu(lk2), dimana ayahnya?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : أَبُوْهُ فِيْ الْيَابَانِ، هُوَ تَاجِرٌ كَبِيْرٌ.
🇮🇩Muhammad: Ayahnya diJepang, dia (ayahnya) seorang pedagang yg besar.

🇸🇦حَامِدٌ : أَ لَكَ أَخٌ يَامُحَمَّدُ؟
🇮🇩 Hamid: Apakah kamu(lk2) memiliki saudara (lk2) wahai Muhammad?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : نَعَمْ، لِي أَخٌ وَاحِدٌ، اِسْمُهُ أُسَامَةُ، وَ هُوَ  مَعِي هُنَا فِيْ الْمَدِيْنَةِالْمُنَوَّرَةِ.  وَلِي أُخْتٌ وَاحِدَةُنِ* اسْمُهَا زَيْنَبُ.  وَهِيَ فِيْ الْعِرَاقِ مَعَ زَوْجِهَا.  زَوْجُهَا مُهَنْدِسٌ.
🇮🇩Muhammad: Iya, saya memiliki satu saudara,namanya Usamah, dan dia bersamaku disini di Madinah Almunawwarah.  Dan saya memiliki satu saudari namanya Zainab, dia di Irak dengan suaminya. Suaminya seorang insinyur.

🇸🇦حَامِدٌ : أَ عِنْدَكَ سَيَّارَةٌ يَاأَخِي؟
🇮🇩Hamid: Apakah kamu(lk2) memiliki sebuah mobil wahai saudaraku?

🇸🇦 مُحَمَّدٌ : لَا، مَا عِنْدِي سَيَّارَةٌ.  عِنْدِي دَرَّاجَةٌ.  حَمْزَةُ عِنْدَهُ سَيَّارَةٌ.
🇮🇩 Muhammad : Tidak, saya tidak memiliki mobil, saya memiliki sebuah sepeda. Hamzah dia memiliki sebuah mobil.

Mufradat dari Durusullughah


١. دَرْسٌ / دُرُوْسٌ      : Pelajaran

٢. بَيْتٌ / بُيُوْتٌ         : Rumah

٣. مَسْجِدٌ / مَسَاجِدُ   : Masjid

٤. بَابٌ / أَبْوَابٌ         : Pintu

٥. كِتَابٌ / كُتُبٌ         : Buku bacaan

٦. قَلَمٌ / أَقْلاَمٌ           : Pena

٧. مِفْتَاحٌ / مَفَاتِيْحُ     : Kunci

٨. مَكْتَبٌ / مَكَاتِبُ      : Meja / Kantor

٩. سَرِيْرٌ / سُرُرٌ          : Ranjang tidur

١٠. كُرْسِيٌّ / كَرَاسِيُّ    : Kursi

١١. قَمِيْصٌ / قُمْصَانٌ - قُمُصٌ  :  Kemeja

١٢. نَجْمٌ / نُجُوْمٌ        : Bintang

١٣. طَبِيْبٌ / أَطِبَّاءُ      : Dokter

١٤. وَلَدٌ / أَوْلاَدٌ           :  Anak Kecil laki²

١٥. رَجُلٌ / رِجَالٌ         : Laki² Dewasa

١٦. طَالِبٌ / طُـلَّابٌ      : Siswa

١٧. تاجِرٌ / تُجَّارٌ          : Pedagang

١٨. كَلْبٌ / كِلَابٌ          : Anjing

١٩. قِطٌّ / قِطَطٌ-قِطَطَةٌ : Kucing

٢٠. حِمَارٌ / حُمُرٌ-حَمِيْرٌ  : Keledai

٢١. حِصَانٌ / أَحْصِنَةٌ-حُصُنٌ : Kuda

٢٢. جَمَلٌ / جِمَالٌ        : Unta Jantan

٢٣. دِيْكٌ / دُيُوْكٌ         : Ayam Jantan

٢٤. مُدَرِّسٌ / مُدَرِّسُوْنَ : Pak Guru

٢٥. مِنْدِيْلٌ / مَنَادِيْلُ    : Sapu Tangan

٢٦. إِمَامٌ / أَئِمَّةٌ          : Imam

٢٧. حَجَرٌ / أَحْجَارٌ      : Batu

٢٨. سُكَّرٌ                   : Gula

٢٩. لَبَنٌ                     : Susu

٣٠. مَكْسُوْرٌ                : Patah / Pecah

٣١. مَفْتُوْحٌ                 : Terbuka

٣٢. جَالِسٌ                  : Duduk

٣٣. وَاقِفٌ                  : Berdiri

٣٤. جَدِيْدٌ / جُدُدٌ         : Baru

٣٥. قَدِيْمٌ / قُدَامَى - قُدَمَاءُ : Lama

٣٦. صَغِيْرٌ / صِغَارٌ       : Kecil

٣٧. كَبِيْرٌ / كِبَارٌ           : Besar

٣٨. وَسِخٌ                   : Kotor

٣٩. نَظِيْفٌ                  : Bersih

٤٠. بَارِدٌ                      : Dingin

٤١. حَارٌّ                      : Panas

٤٢. قَرِيْبٌ                   : Dekat

٤٣. بَعِيْدٌ                     : Jauh

٤٤. ثَقِيْلٌ                    : Berat

٤٥. خَفِيْفٌ                  : Ringan

٤٦. جَمِيْلٌ                   : Indah /Ganteng

٤٧. مَاءٌ / مِيَاهٌ             : Air

٤٨. وَرَقٌ / أَوْرَاقٌ          : Kertas / Daun

٤٩. قَمَرٌ                       : Bulan

٥٠. حُلْوٌ                       : Manis

٥١. مَرِيْضٌ / مَرْضَى      : Orang sakit

٥٢. دَفـْتَرٌ / دَفَاتِرُ          : Buku Tulis

٥٣. غَنِيٌّ / أَغْنِيَاءُ          : Orang kaya

٥٤. فَقِيْرٌ / فُقَرَاءُ           : Orang fakir

٥٥. دُكَّانٌ / دَكَاكِيْنُ         : Toko

٥٦. تُـفَّـاحٌ / تَفَافِيْحُ        : Apel

٥٧. لَذِيْذٌ / لِذَاذٌ              : Lezat

٥٨. طَوِيْلٌ / طِوَالٌ         : Tinggi

٥٩. قَصِيْرٌ / قِصَارٌ          : Pendek

٦٠. أَبٌ / آبَاءٌ                : Bapak

٦١. أُمٌّ / أُمَّهَاتٌ              : Ibu

٦٢. ثَوْبٌ / ثِيَابٌ            : Baju/Jubah

٦٣. جَنَّةٌ / جَنَّاتٌ            : Surga / Kebun

٦٤. ذَهَبٌ / أَذْهَابٌ          : Emas

٦٥. خُبْزٌ                         : Roti

٦٦. عَيْنٌ / أَعْيُنٌ - عُيُوْنٌ   : Mata

٦٧. زَهْرَةٌ / أَزْهَارٌ            : Bunga

٦٨. سَمَكٌ /  أَسْمَاكٌ         : Ikan

٦٩. فَطُوْرٌ                      : Sarapan

٧٠. غَدَاءٌ                       : Makan Siang

٧١. عَشَاءٌ                      : Makan Malam

٧٢.  فَمٌ / أَفْوَاهٌ             : Mulut

٧٣. شَمْسٌ                    : Matahari

٧٤. صَدْرٌ / صُدُوْرٌ          : Dada

٧٥. ضَيْفٌ / ضُيُوْفٌ       : Tamu

٧٦. ظَهْرٌ / أَظْهُرٌ - ظُهُوْرٌ : Punggung

٧٧. هَوَاءٌ / أَهْوِيَةٌ         : Udara / Hawa

٧٨. لَحْمٌ / لُحُوْمٌ           : Daging

٧٩. يَدٌ / أَيْدِيْ              : Tangan

٨٠. أَخٌ / إخْوَةٌ-إِخْوَانٌ    : Saudara Laki2

٨١. أُخْتٌ / أَخَوَاتٌ        : Saudara Perempuan

٨٢. رَسُوْلٌ / رُسُلٌ         : Utusan

٨٣. وَجْهٌ / أَوْجُهٌ-وُجُوْهٌ : Wajah

٨٤. صَدِيْقٌ / أَصْدِقَاءُ    : Teman

٨٥. رَأْسٌ / رُؤُوْسٌ       : Kepala

٨٦. إِصْبَـعٌ / أَصَابِعُ      : Jari-Jemari

٨٧. ظُفْرٌ / أَظْفَارٌ         : Kuku

٨٨. صَابُوْنٌ                 : Sabun

٨٩. غُرْفَةٌ / غُرَفٌ        : Kamar

٩٠. حَمَّامٌ / حَمَّامَاتٌ    : Kamar Mandi

٩١. مِرْحَاضٌ / مَرَاحِيْضُ : WC/Toilet

٩٢. مَطْبَخٌ / مَطَابِخُ     : Dapur

٩٣. سَاعَةٌ / سَاعَاتٌ     : Jam

٩٤. جَامِعَةٌ / جَامِعَاتٌ  : Kampus/Universitas

٩٥. فَصْلٌ / فُصُوْلٌ      : Kelas

٩٦. سَمَاءٌ / سَمَاوَاتٌ    : Langit

#umrahhaji #haramain
#mekkahmadinah #sekolah
#kalamulama 🌹#hafidzquran
#sditmatahati
#deju_salju🌹🐹🐈
#polisihafidzquran
#Sitmatahati
#smpitmatahati
#smpitmatahatinagreg
#yayasanhidayatuttauhid
#sditmatahatinagreg
#sekolahkeren
#ttqmatahati
https://youtu.be/9tWGCoueMyY
https://youtu.be/rRyuadmEd7U
https://youtu.be/Icdy344pfI0
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia
#JSITKabupatenBandung
#jsit_indonesia #hijrah
#jsitjabar #parenting
bit.ly/DejuSalju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#lagupositif #lagunasid #lagusholawat #laguanakindonesia


(人 •͈ᴗ•͈)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keberagaman dalam pandangan hidup

3 ‏Proses Menemukan Misi HidupBahwa setiap kita dihadirkan ke dunia, ‏sesungguhnya dengan membawa Tugas Langit atau Misi Hidup. ‏Inilah sesungguhnya alasan mengapa kita dihadirkan di dunia. ‏Karenanya hidup adalah tentang menemukan misi hidup ini dan menyelesaikannya sehingga kita bisa mempertanggungjawabkannya kelak kepada Sang Pemberi Tugas. ‏Lalu bagaimana proses menemukan Misi Hidup ini? ‏Setiap hari minimal ‎17 ‏kali kita diwajibkan berdoa, ‏meminta ditunjukkan jalan yang lurus, ‏yaitu jalan orang orang yang diberi nikmat ‎(alFatihah ayat ‎6 ‏dan ‎7). ‏Ayat ini kemudian ditafsirkan oleh surah anNisaa ayat ‎69, ‏bahwa orang yang diberi nikmat adalah para Nabi, ‏Syuhada, ‏Shodiqien, ‏Sholihien.Merujuk ayat ini, ‏maka kita bisa menggali bagaimana proses ke ‎4 ‏golongan manusia mulia di atas menemukan ‎*Jalan yang Lurus*.. ‏inilah sesungguhnya Misi Hidup yang mereka peroleh melalui proses yang tak mudah.Para Nabi misalnya, ‏umumnya menerima Tugas Kenabian ‎(Misi Kenabian) ‏pada usia ‎40 ‏tahun, ‏kecuali Nabi Isa AS dan Nabi Yahya AS, ‏karena keduanya wafat lebih muda. (*)Nabi Muhammad SAW menerima wahyu atau risalah atau Tugas Kenabian pada usia ‎40 ‏tahun, ‏namun Beliau menjalani proses yang fitri atau manusiawi, ‏yaitu semua aspek fitrahnya tumbuh paripurna sepanjang usia ‎0-40 ‏tahun sehingga beliau mendapatkan kehidupan yang baik ‎(hayatun thoyyibah atau the good life atau kebahagiaan), ‏lalu kemudian pada usia ‎40 ‏tahun, ‏Allah berikan tugas langit atau Misi Hidup berupa Misi Kenabian.Namun kita juga temukan kisah orang orang terdahulu, ‏yang menemukan Misi Hidupnya karena sejak awal memperjuangkan keyakinannya, ‏seperti pemuda ashabul Kahfi, ‏pemuda ashabul Ukhdud dll. ‏Para Sahabat Nabi juga menemukan Misi Hidup melalui proses yang berbeda. ‏Diantara mereka ada yang sampai akhir hayat jujur memperjuangkan keyakinannya ‎(shodiqien), ‏sebagian lagi ada yang mencapai Syahid ‎(syuhada).Seorang pakar menyebutkan ada ‎3 ‏proses manusia menemukan Misi Hidupnya ‎1. ‏Doing A Deeds, ‏yaitu menjalani saja kehidupan yang baik ‎(hayatun tahoyyibah ‎- ‏the good life), ‏yaitu fokus menumbuhkan setiap aspek fitrahnya sehingga paripurna maka kelak akan Allah berikan Misi Hidup. ‏Ini seperti kehidupan Rasulullah SAW yang menjalani kehidupan yang baik sampai usia ‎40 ‏tahun, ‏lalu mendapat Misi Kenabian.“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, ‏baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, ‏maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik” (The Good Life) (QS An-Nahl ‎[16] : 97 )2. ‏Experiencing a Value, ‏yaitu memperjuangkan nilai nilai yzng kita yakini dengan sungguh sungguh, ‏maka juga kelak akan menemukan Misi Hidup. ‏Misalnya memperjuangkan keadilan, ‏kesejatian, ‏kelestarian, ‏kesejahteraan, ‏keberanian dstnya. ‏Kita banyak temukan pada kisah kisah pahlawan sejati sepanjang sejarah.3. ‏Suffering, ‏yaitu mengalami penderitaan yang hampir membuat putus asa, ‏misalnya terjadi pada orang orang yang lalai dari mengingat Robbnya, ‏lalu menjadi berantakanlah urusannya, ‏seperti hampir cerai, ‏bisnis bangkrut, ‏anak terkena narkoba dstnya. ‏Pada titik inilah biasanya muncul pertaubatan sehingga kemudian menemukan misi hidupnya."....Dan janganlah engkau mengikuti orang yg hatinya Kami lalaikan dari mengingat Kami, ‏serta mengikuti hawa nafsunya maka berantakanlah seluruh urusannya ‎( وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا - ‏wa kaana amruhu furutho ‎) "(QS Al Kahfi ‎[18] 28)Kebanyakan manusia umumnya menemukan Misi Hidupnya karena proses yang ke ‎3. ‏Sepanjang ia hidup ‎"baik baik saja" ‏atau merasa nyaman atau merasa aman karena kebutuhan terpenuhi, ‏maka ia merasa tak perlu menemukan Misi Hidupnya.Allah SWT, ‏tak pasif dan tak diam, ‏tak mengantuk dan tak tidur, ‏Dia Zat Yang Tak Lalai mengurusi urusan HambaNya, ‏Dia senantiasa intervensi dalam kehidupan manusia, ‏maka sepanjang kehidupan manusia Allah berikan kenikmafan dan kesulitan, ‏teguran dan bencana, ‏agar manusia menyadari dan menemukan Tugas Langitnya atau Misi Hidupnya itu.Pada proses yang ke ‎3 ‏yaitu Suffering ‎(Mengalami Penderitaan), ‏sesungguhnya terjadi percepatan proses yang pertama, ‏yaitu titik pertaubatan untuk kembali kepada fitrahnya. ‏Saat menderita yang tiada tara, ‏menjelang putus asa itu, ‏manusia tanpa sadar berusaha mengembalikan fitrah fitrahnya sehingga mencapai kehidupan yang baik ‎(hayatun thoyyibah) ‏dalam waktu cepat. ‏Secara fitrah keimanan, ‏dalam penderitaan itu, ‏ia memperbaiki hubungan dengan Allah. ‏Jadi relijius dalam waktu singkat, ‏dan bergerak menyambut panggilan untuk menolong agama Allah yang selama ini diabaikan dstnya sehingga kehidupan spiritualnya ‎(spiritual life) ‏membaik.Secara fitrah bakat, ‏dalam penderitaan itu, ‏ia menggali apa sesungguhnya potensi potensinya yang bisa digunakan untuk bangkit dan fokus menjalaninya atau bahkan tergerak membuat karya solutif bagi ummat dengan bakat dan potensinya itu dstnya sehingga kehidupan karir atau bisnisnya ‎(work life or business life) ‏membaikSecara fitrah belajar, ‏dalam penderitaan itu, ‏ia mulai membangkitkan kembali gairah belajarnya untuk menutup kekurangannya bahkan tergerak untuk melakukan inovasi terhadap karya solusinya dstnya sehingga kehidupan belajar dan intelektualnya ‎(learning or intelectual life) ‏membaik.Secara fitrah seksualitas, ‏dalam penderitaan itu, ‏ia mulai merajut kembali cintanya pada pasangannya, ‏pada anak anaknya, ‏mencoba menjalin relasi yang lebih kokoh agar keturunannya kelak lebih baik, ‏rajin mengkuti parenting dstnya sehingga kehidupan keluarganya ‎(family life) ‏membaik.Secara fitrah individualitas dan sosialitas, ‏dalam penderitaannya itu, ‏ia mulai menurunkan egonya selama ini, ‏tergerak untuk silaturahmi, ‏banyak meminta maaf dan memaafkan, ‏mulai terlibat dan membangun komuntas dan jaringan dstnya sehingga kehidupan sosialnya ‎(social life) ‏membaik.Secara fitrah estetika dan bahasa, ‏dalam penderitaannya itu ‎, ‏ia mulai banyak menghaluskan tuturnya, ‏mulai banyak mengapresiasi keindahan dalam banyak hal, ‏mulai tergerak untuk mendamaikan jiwanya bahkan mendamaikan banyak orang atau melestarikan alam dstnya, ‏sehingga kehidupan estetikanya ‎(aesthetic life) ‏membaik.Secara fitrah jasmani, ‏dalam penderitaan itu, ‏ia mulai memperbaiki pola makan, ‏pola tidur, ‏pola gerak dan pola bersih sehingga kemudian menjadi membaiklah kehidupan kesehatannya ‎(health life)Begitupula secara fitrah perkembangan, ‏dalam penderitaannya itu, ‏kemudian kedewasaannya meningkat, ‏mindset yang dulu sulit dirubah, ‏kini dengan mudah bisa dirubah. ‏Banyak tanggungjawab yang diambil alih olehnya dengan sukarela dstnya sehingga kemudian membaiklah kehidupan perkembangan personalnya ‎(personal growth life) ‏Begitulah proses Suffering, ‏membuat manusia berusaha memperbaiki fitrah fitrahnya sehingga menjadi baiklah kehidupannya dan kemudian Allah karuniakan Misi Hidup lalu ia menyambut perannya atau misi hidupnya. ‏Namun, ‏sayangnya, ‏banyak pula ketika badai penderitaan datang, ‏ia tak menyadari bahwa Allah sedang bicara padanya agar ia segera menyadari misi hidupnya, ‏malah makin menjauh dari Allah.Ada pula, ‏ketika badai berlalu, ‏merasa kehidupannya telah tenang kembali, ‏kemudian ia tak menyambut Misi Hidupnya.Nah, ‏silahkan pilih proses ‎1,2, ‏atau ‎3 ‏yang akan kita jalani.#fitrahbasedlife ‎(*) ‏Sebagai catatan bahwa Isa AS diwafatkan namun tidak dimatikan dan kelak akan kembali lagi ke dunia dan hidup sampai usia ‎40.

HATI-HATI MELATINKAN BAHASA ARAB !!!