Ayah Hadirlah Dalam Pengasuhan Anak

Ayah adalah nahkoda pemimpin di Kerajaan bernama rumah, sebagai Raja ayah memiliki peranan luar biasa dalam banyak hal termasuk mendidik anak. 

Dimasa Rosullullah peranan AYAH dalam mendidik anak mereka luar biasa kedudukannya, sampai Allah meng kisahkan nya didalam Al Quran yaitu surat lukman. Bagaimana lukman mendidik anak-anaknya. Istimewa bukan? Tidak ada surat khusus yang berkisah tentang cara wanita mendidik anak. 

Dari Ayah terbentuk anak - anak penuh tanggung jawab, memiliki kemandirian, kekuatan dalam sikap dan pribadi. Rasa mengasihi, mencintai, toleransi dan sebagai pejuang yang tanggu dimedan kehidupan ini! 

Ayah yang menempah anak -anak mengenal Tuhannya, membimbing dan menjadi contoh teladan dalam banyak hal, termasuk mengasihi dan mencintai keluarganya. 

Pencari nafkah yang perkasa, pendidik aqidah dan memberi petunjuk kehidupan. Tapi sayang dijaman saat ini terutama di negara kita, peran ayah seakan menjadi nomor kesekian, semua diserahkan pada IBU. 

Maka survei bunda Elly Risman mengatakan INDONESIA NEGARA TANPA AYAH, mengapa peran ayah sangat kurang dalam mendidik anak - anak, rasa tanggung jawab yang justru diletakkan pada ibu, mulai dari mengasuh, mendidik dan pencari nafkah utama, ironis memang. 

Hingga muncul generasi miskin rasa percaya diri, miskin tanggung jawab, miskin rasa juang, dan banyak kekurangan lainnya, sehebat apapun ibu kodrat pemimpin pada laki-laki atau ayah tetaplah utama. 

Mari kita berkisah dari begitu lemahnya pendidikan ayah pada keluarga, soal sopan santun dan rasa percaya diri yang hilang pada generasi saat ini. Dahulu kala di Sumatera Selatan dikisahkan seorang laki-laki yang memiliki kesaktian yaitu pada lidah atau mulutnya, setiap apa yang ia ucapkan terkabul. 

Hal ini menjadi senjata ampuh baginya untuk mencelakai dan menghancurkan banyak orang, Begitulah Ayah saat ini, dengan lidahnya yang berkata buruk, menghancurkan keluarganya. Anak belajar memaki, mengumpat dan menghina serta mengolok-olok peribadi seseorang justru berasal dari keluarga terdekat yang bernama Ayah. 

Saat Ayah tanpa mengenal malu dan sopan santun, merokok seenaknya dimuka umum, dan membuang rokok yang masih menyala di sembarang tempat, menerobos lampu merah saat berkendaraan, memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi pada hal saat itu ada anak dan keluarga yang menyaksikan, memaki, berteriak dan menghujat saat menonton atau menyaksikan sebuah tayangan yang tak sesuai harapannya. 

Ayah memarahi istri atau anak dengan nada tinggi dan suara mengancam, saat itu ada anak-anak yang menyaksikan. Ayah telah mengajarkan sebuah keburukan bagaimana wanita yang kita cintai bisa kita rendahkan, bagaimana kekuasaan seseorang bisa membuatnya bersikap sewenah-wenah. 

Tanpa SANG RAJA sadari ia telah memberikan contoh dan pelajaran terburuk yang bisa menjadi rekaman jejak yang akan ditiru, AMAL JARIYAH KEBURUKAN, MENJADI DOSA JARIYAH, .. Tidak bukan.

Memang tak semua ayah seperti ini, Tapi kebanyakan ayah tak merasa perlu belajar menjadi ayah terbaik. Raja yang bijak, pemimpin ideal, PADAHAL MENJADI AYAH ADALAH SUATU AMANAH DARI ALLAH, ayah-ayah adalah orang terberat pertanggung jawabannya kelak, ia harus mempertanggung jawabkan apa yang dipimpinnya. Isteri dan anak-anak serta keluarganya.

#salamberbagikebaikan#
#sebatkankebaikanwalausatuayat

#haramain #motivasi
#mekkahmadinah 
#kalamulama 🌹#hafidzquran
#sditmatahati
#deju_salju🌹🐹🐈
#komikmuslimah
#yayasanhidayatuttauhid
#sditmatahatinagreg
#pks
https://youtu.be/9tWGCoueMyY
https://youtu.be/rRyuadmEd7U
https://youtu.be/Icdy344pfI0
https://dejusalju.blogspot.com/?m=1
https://mobileedukasikarakter.wordpress.com/
#jsitindonesia 
#JSITKabupatenBandung
#jsit_indonesia #pemudahijrah
#jsitjabar #parenting
bit.ly/DejuSalju
https://m.youtube.com/watch?v=ZuTocfyVTpI&feature=youtu.be
#lagupositif #lagunasid #lagusholawat #laguanakindonesia
#iqomic #kartunislami #negeriakhirat #stayathome #ramadhan #kartun_Muslimah #kajianislam #pksmuda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas sekali yg merangkai arti abjad * A sd Z * Coba baca yaa ..

Percakapan bahasa Arab sederhana