*Menjaga Kesehatan Mental Anak*

*Menjaga Kesehatan Mental Anak*

Tugas Orang tua bukan hanya sekedar memberikan hak yang bersifat material namun juga harus memperhatikan hak kejiwaan anak yang berguna dalam tumbuh kembangnya. Tips berikut berguna untuk menjaga kesehatan mental anak:

💝 *Mencintai tanpa syarat*

Penting untuk membuat mereka merasa dicintai, diperhatikan, dan diterima. Anak-anak perlu tahu bahwa cinta orang tua tidak bergantung pada pencapaiannya. Kesalahan dan atau kekalahan harus diharapkan dan diterima. Tumbuhkan keyakinan bahwa di rumah penuh dengan cinta dan kasih sayang tanpa syarat.

🔥 *Tingkatkan kepercayaan diri*

Dorong anak untuk mewujudkan impian mereka dan membuat kesalahan, tetapi pada saat yang sama belajar dari kesalahan itu dengan menjadi lebih baik. Juga, minta mereka untuk merasa bangga di mana mereka berada.

✨ *Puji mereka*

Izinkan anak-anak menjelajah dan bermain di area aman. Puji mereka atas upaya mereka dan sesekali beri mereka dengan hadiah berupa mainan atau cokelat. Ingat, perhatian orang tua akan membantu membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka.

📣 *Tetapkan tujuan yang realistis*

Anak kecil membutuhkan tujuan realistis yang sesuai dengan ambisi dan kemampuan mereka. Dengan bantuan orang tua, anak-anak yang lebih besar dapat memilih kegiatan yang menguji kemampuan dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

💦 *Jujur*

Tidak perlu  menggambarkan citra sebagai orang tua yang sempurna. Biarkan mereka tahu tentang kesalahan orang tua sehingga mereka tahu dunia nyata dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

🤾 *Dorong mereka untuk bermain.*

Waktu bermain sama pentingnya dengan perkembangan mereka seperti makanan dan perawatan yang baik. Waktu bermain membantu anak-anak menjadi kreatif, belajar keterampilan memecahkan masalah dan mengendalikan diri. Permainan yang bagus dan tangguh, yang mencakup berlari dan berteriak, tidak hanya menyenangkan tetapi juga membantu anak-anak menjadi sehat secara fisik dan mental.

🏓 *Jadilah teman bermain*

Bermain dengan anak-anak tidak hanya akan membuat mereka bahagia, tetapi juga akan membantu orang tua bersantai setelah seharian bekerja. 

💕 *Cobalah dan rasakan perbedaannya.*

Bersenang-senang
Meraih kemenangan tidak sepenting terlibat dan menikmati aktivitas. Salah satu pertanyaan paling penting untuk ditanyakan kepada anak-anak adalah “Apakah Anda bersenang-senang?” Bukan “Apakah Anda menang?”

Dalam masyarakat yang berorientasi tujuan, orang sering hanya mengakui keberhasilan dan kemenangan. Sikap ini dapat mengecewakan dan membuat frustrasi anak-anak yang sedang belajar dan bereksperimen dengan kegiatan baru. Lebih penting bagi anak-anak untuk berpartisipasi dan bersenang-senang.

🚫 *Awasi tontonan anak*

Meskipun tidak selalu setiap saat mendampingi anak menonton tayangan tertentu, pastikan  mereka memiliki akses ke konten yang sehat bagi mereka.

🌹 *Kembangkan disiplin*

Anak-anak membutuhkan kesempatan mengeksplorasi dan mengembangkan keterampilan serta kemandirian baru. Pada saat yang sama, anak-anak perlu belajar bahwa perilaku tertentu tidak dapat diterima dan mereka bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan mereka. Tanamkan disiplin dan tingkah laku pada anak-anak di usia dini untuk menjadikan mereka manusia yang baik.

🤐 *Hindari omelan dan ancaman*

Ketika mereka salah, jangan berteriak, lebih baik membuat mereka mengerti apa yang salah dan kemudian membimbing mereka di jalan yang benar. Mengomel dan mengancam bisa berbahaya dalam jangka panjang. Beri anak alasan "mengapa" Anda mendisiplinkan mereka dan apa konsekuensi potensial dari tindakan mereka.

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayah Hadirlah Dalam Pengasuhan Anak

Cerdas sekali yg merangkai arti abjad * A sd Z * Coba baca yaa ..

Percakapan bahasa Arab sederhana